February 11, 2020

PIMPINAN PONDOK MELANTIK PENGURUS OPPM-AI PERIODE 2020-2021

Baleendah, (06/01/2020). Pimpinan pondok pesantren modern Al-ihsan Baleendah melantik para pengurus baru OPPM-AI untuk masa bhakti 2020/2021. Pelantikan pengurus OPPM-AI dilaksanakan dua kali pelantikan untuk pengurus putra dan putri. Putra dilaksanakan tanggal 6 Januari 2020, sedangkan putri dilaksanakan pada tanggal 7 Februari 2020.

Sebelum upacara pelantikan ini dilaksanakan, OPPM-AI masa bhakti 2019/2020 melaporkan Laporan Pertanggungjawaban (LPJ) selama satu tahun masa jabat, untuk melaporkan hal-hal yang telah tercapai, kendala selama menjabat dan lain-lain. Hal ini bertujuan untuk memberikan pendidikan nilai tentang tanggung jawab dan transparansi kepada para santri. Pembacaan LPJ ini dipertanggungjawabkan kepada Bapak Pimpinan pondok selaku yang memberikan mandat kepengurusan untuk membantu pimpinan dan para dewan asatidzah.

Kegiatan LPJ dan pelantikan OPPM-AI ini dihadiri oleh seluruh santri Kulliyatul Mu’allimin Al-Islamiyah (KMI), juga para guru dan dewan asatidah.

Kegiatan pelantikan ini merupakan kegiatan wajib tahunan yang diselenggarakan oleh pondok pesantren, untuk mendidik para santri tentang kepemimpinan dan keorganisasian.

Para santri yang diangkat untuk menjadi pengurus OPPM-AI ini adalah para santri kelas 5 KMI di semester dua. Sedangkan kepengurusan OPPM-AI dijabat selama satu tahun masa jabatan, atau para pengurus ini akan demisioner pada kelas 6 KMI semester dua.

Sebagai salah satu pondok pesantren alumni Gontor, Al-Ihsan bersemboyan “Siap dipimpin dan siap memimpin”. Maka dengan dilaksanakannya kegiatan keorganisasian ini, pondok pesaantren berikhtiar merelisasikan semboyan tersebut.

Dalam sambutan pimpinan pondok, beliau menyampaikan bahwa setiap santri harus memiliki jiwa kepemimpinan dan belajar berorganisasi sejak di pesantren, agar kelak para santri bisa berkompetisi dengan masyarakat gelobal, karena saat ini yang dibutuhkan di masyarakat adalah para pemimpin yang cerdas secara kognitif dan agama.

“Untuk memasuki era yang lebih ketat lagi persaingan, para santri harus betul-betul belajar sejak dini, belajar berorganisasi dengan sungguh-sungguh, agar kalian kelak bisa berguna di masyarakat dan bisa berkompetisi dengan masyarakat luar”. Dengan tegasnya bapak pimpinan pondok dalam sambutannya.

Semoga dengan dilantiknya para pengurus baru OPPM-AI ini bisa menambah keberkahan serta kemajuan bagi pondok pesantren. amin

Red/ Ildhan Gustyan