February 19, 2019

Ujian Praktek Mengajar (Amaliyatu at-Tadrisi)

Salah satu program tahunan santri tingkat akhir di Pondok Pesantren Modern Al Ihsan Baleendah yaitu Amaliyatu At-tadris (praktik mengajar) bagi seluruh santriwan dan santriwati, sebagai salah satu syarat lulus dari Pondok pesantren. Amaliyatu At-tadris bertujuan agar para santri memiliki pendidikan mental, disiplin, kepribadian, karakter dan sikap perilaku yang baik sebagai pendidik.

Sebelum melakukan ujian praktik mengajar, para santri diharuskan membuat persiapan mengajar berupa I’dadu At–tadris (rencana pembelajaran) yang diajukan kepada guru pembimbing, agar para santri tidak hanya menguasai materi dan metode pengajaran (Thoriqu At-Tadris). Namun semua gerak-gerik, tutur kata, cara berpakaian dan cara penyampaian materi pelajaran juga harus dikuasai dengan baik, yang mana hal tersebut juga dikoreksi langsung oleh guru pembimbing beserta teman-temannya. Sehingga para santri yang akan praktik mengajar benar-benar harus mempersiapkan dirinya dengan matang.

Tahun ini kegiatan Amaliyatu At-tadris dilaksanakan selama satu pekan yaitu Sabtu, 16-23 Februari 2019. bertempat di Aula Ibnu Shina Pondok Pesantren Modern Al Ihsan dan dibagi ke dalam beberapa kelompok dan kelas mengajar.

Pada hari pertama kegiatan ini seluruh orang tua santri kelas VI diundang untuk melihat langsung. Alhamdulillah Pelaksanaan Amaliyatu At-tadris berjalan lancar. Semoga santriwati kelas VI  senantiasa diberi kemudahan dan kelancaran dalam menjalankan rentetan ujian kelulusannya, serta dapat memetik banyak pelajaran berharga disetiap perjalanannya. Aamiin