February 18, 2020

PONPES AL IHSAN BALEENDAH ADAKAN UJIAN LISAN SANTRI AKHIR KMI ANGKATAN 26

BALEENDAH – (17/2) Februari 2020 Pondok Pesantren Modern Al Ihsan Baleendah adakan Ujian Lisan Santri Akhir KMI TP. 2019 – 2020 sebagai bagian dari rangkaian kegiatan penilaian pendidikan calon lulusan Ponpes Modern Al Ihsan Baleendah Angkatan 26.

Bentuk penilaian melalui Ujian Lisan Santri Akhir KMI ini dibagi menjadi tiga materi pokok: Bahasa Arab, Bahasa Inggris, dan Kitab Kuning dengan materi yang diujikan dalam bahasa Arab adalah muhadatsah, muthola’ah, nahwu, shorof, dan tarjamah. Adapun bahasa Inggris adalah conversation, reading, grammar, writting, dan dictation. Sedangkan Kitab Kuning adalah kitab Ta’liim Al Muta’allim, kitab Shofwatu At Tafaasir, kitab Nashaaihu Al ‘Ibaad, kitab Fathu Al Qoriib, kitab Sullamu At Tawfiiq, dan kitab Bidaayatu Al Mujtahid wa An Nihaayatu Al Muqtashid.

Selain penilaian akademik yang nampak dalam prosesnya, penilaian mental dan sikap spiritual dalam ujian ini merupakan bagian yang pokok dan utama.

Ujian Lisan Santri Akhir KMI yang dilaksanakan tanggal 1 – 4 Februari 2020 ini, diikuti oleh 126 Santri Kelas 6 KMI TP. 2019 – 2020 dan diujikan oleh 12 penguji yaitu Pimpinan Pondok DR. KH. Mahrus As’ad, M.Ag., KH. Dede Rohanda, S.Pd., Drs. Sufyan Dimyati, M.Ag., DR. Izzuddin Musthofa, MA., Drs. Taufik Rahman, M.Ag., Drs. H. Imam Thohari, M.Pd., H. Nurbayan, S.Ag., Drs. H. Maulana Ibrahim, M.Pd., Adad Nursahad, S.Ag., Yanyan Hadiansyah, S.Pd., H. Turmana Koswara, Lc., dan Syeikh Mushtofa Husain Hasan Alhasany, MA., yang merupakan tenaga pendidik Ponpes Al Ihsan Baleendah dari Universitas Al Azhar Mesir.

Red/Samadi