March 17, 2020

Pelaksanaan Praktik Lapangan Ibadah Haji dan Umrah KBIH Miftahul Ihsan

Ahad (15/03/2020) Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH) Miftahul Ihsan yang bertempat di Pondok Pesantren Modern Al-Ihsan Baleendah mengadakan praktik lapangan ibadah haji. Kegiatan yang diikuti oleh 101 calon jemaah ini dimaksudkan untuk memberikan gambaran bagaimana proses jalannya ibadah haji dan umrah di Tanah Suci.








Kegiatan dimulai dengan arahan dari Dr. KH. Mahrus As’ad,M.Ag. dan dari Syeikh Mustafa di Masjid Besar Al-Muhajirin Ponpes Modern Al-Ihsan Baleendah. Setelah itu, calon jemaah dibimbing untuk memakai kain Ihram serta diberi pemahaman tentang apa saja yang tidak boleh dikerjakan setelah calon jemaah ber-ihram.





Selanjutnya calon jemaah diarahkan ke lapangan yang telah disediakan replika Ka’bah yang lengkap dengan Hajar Aswad, Hijr Ismail dan Maqom Ibrahim untuk menjalankan Tawaf. Prosesi ini dipimpin langsung oleh Dr. KH. Mahrus As’ad,M.Ag. Tawaf dikerjakan dengan mengelilingi Ka’bah sebanyak tujuh kali putaran dengan doa-doa yang telah ditentukan di masing-masing putarannya.


Setelah itu, calon jemaah melanjutkan prosesi Sya’i atau berlari-lari kecil dari bukit Shofa ke bukit Marwah sebanyak tujuh kali. Namun, pada kesempatan kali ini, calon jemaah hanya disediakan jarak sekitar 50 meter dengan plang yang bertuliskan Shofa dan Marwah di setiap ujungnya.

Kegiatan praktik Lapangan Ibadah Haji ini ditutup dengan evaluasi dari Dr. KH. Mahrus As’ad,M.Ag, pengumuman dari Drs. Imam Thohari, dan doa dari H. Nurbayan,S.Pd.,M.Ag. Doa talbiyah tak henti disenandungkan sepanjang jalannya kegiatan.