August 03, 2017

Khutbatul Arsy Pondok Pesantren Modern Al Ihsan Baleendah Tahun 2017

Selasa 25 Juli 2017, Pondok Pesantren Modern Al Ihsan menyelenggarakan agenda tahunan Khutbatul ‘Arsy yang merupakan pekan perkenalan bagi para santri baru sebelum mereka menetap beberapa tahun bersama Pimpinan dan Pengasuh Pondok. Di samping itu pula kegiatan Khutbatul ‘Arsy ini tidak hanya diikuti oleh santri baru, tetapi diikuti pula oleh seluruh santri lama.

Dalam acara Khutbatul ‘Arsy ini, terdapat beberapa rentetan acara, diantaranya; 1. Apel Tahunan (Upacara bendera merah putih), 2. Kuliah Umum, 3. Gebyar, yang merupakan bagian-bagian dari acara perkenalan santri baru.

Apel Tahunan adalah upacara bendera merah putih sebagai acara pembuka seluruh kegiatan Khutbatul ‘Arsy.Terdapat hal unik dalam acara Apel Tahunan tahun ini, yaitu pertunjukan-pertunjukan dari para santri yang kebanyakan bertemakan ala Jepang. Dalam hal ini bisa dikatakan bahwa, Pondok Pesantren Modern Al-Ihsan Baleendah dalam bersosialisasi dan berinteraksi tidak fanatik terhadap salah satu golongan atau budaya tertentu. Jika dicocokan dengan salah satu motto pondok yaitu “Pondok Pesantren Modern Al-Ihsan Baleendah Berdiri Di Atas dan Untuk Semua Golongan” memang benar-benar adanya.

“Acara Apel Tahunan ini secara keseluruhan bagus dan terlaksana dengan baik, terdapat beberapa inovasi menarik dalam acara Apel Tahunan tahun ini, terimakasih kepada seluruh panitia yang menyelenggarakan,” Komentar  Bapak Wakil Pimpinan I bidang Pendidikan dan Pengajaran, DR. H. Mahrus As’ad, M.Ag. dalam amanatnya sebagai inspektur upacara.

Kuliah umum adalah bentuk kegiatan orientasi santri yang tidak hanya diikuti oleh santri baru, akan tetapi diikuti oleh seluruh santri dari kelas 1 s.d kelas 6 KMI. termasuk semua guru dan pembina asrama. Dalam acara kuliah umum tersebut para santri diberikan beberapa materi tentang kepondok modernan dengan metode mendengarkan ceramah para Suyukh (Pendiri dan Guru Senior Al-Ihsan), baik materi khusus tentang pondok pesantren modern Al-Ihsan maupun materi umum yang menyangkut pembahasan kepesantrenan secara menyeluruh. Dalam acara tersebut, para santri juga dikenalkan dengan tujuan dan falsafah pesantren modern, seperti peranan, kedudukan maupun perbedaan pesantren modern dengan sekolah lain atau pesantren non-modern.

Gebyar merupakan acara penutup dari semua rentetan acara yang dilaksanakan, yang berbentuk panggung gembira untuk menampilkan kreasi para santri yang memiliki talenta masing-masing dalam bidang pertunjukkan. Sebelum acara ini dilaksanakan, diadakan Porseni yang di dalamnya terdapat pertandingan-pertandingan dan lomba, baik yang melibatkan setiap anggota asrama santri maupun para asatid pembina melawan para santri. Setelah keseluruhan rentetan acara pertandingan dan lomba dilaksanakan, dalama acara Gebyar diagendakan pengumuman hasil rekapitulasi juara masing-masing kegiatan lomba maupun pertandingan, guna memperkenalkan kepada santri baru bahwasannya Pondok Pesantren Modern Al-ihsan Baleendah selalu memberikan penghargaan tinggi dan mengapresiasi setiap santri yang mampu berprestasi, baik dalam KBM maupun hal lain di luar kelas. Hal ini dilakukan agar menjadi motivasi bagi para santri sehingga mereka mampu bersaing untuk menjadikan lulusan Pondok Pesantren Modern Al-Ihsan Baleendah kompeten tidak hanya dalam urusan agama, namun berkopenten juga dalam bidang prestasi lainnya.