May 15, 2018

Al Ihsan Raih Juara Umum Kompetisi Sains Madrasah (KSM) Tingkat Kabupaten/Kota Seluruh Indonesia

Pondok Pesantren Modern Al Ihsan meraih JUARA UMUM pada ajang Kompetisi Sains Madrasah (KSM) tingkat Kabupaten/Kota  seluruh Indonesia yang digelar serentak pada tangggal 12 Mei 2018 di masing-masing Kantor Kementrian Agama.

Kompetisi tersebut di ikuti oleh kurang lebih 103.573 siswa yang  digelar dalam tiga jenjang. Sebanyak 31.979 siswa mengikuti KSM pada jenjang MI/SD. Sementara untuk MTs/SMP diikuti 36.840 siswa dan untuk MA/SMA ada 34.754 siswa.

Terdapat beberapa bidang studi yang dilombakan pada KSM 2018. Untuk tingkat MI/SD, mata pelajaran yang dilombakan adalah Matematika dan IPA. Untuk tingkat MTs/SMP, selain Matematika dan IPA, ada mata pelajaran IPS. Sedang untuk tingkat MA/SMA, bidang studinya mencakup: Matematika, Biologi, Fisika, Kimia, Ekonomi, dan Geografi

KSM 2018 mengusung semangat integrasi sains dan Islam dengan tujuan untuk meningkatkan mutu pendidikan sains di madrasah secara komprehensif melalui penumbuhkembangan budaya belajar, kreativitas, dan motivasi meraih prestasi terbaik dengan kompetisi yang sehat dan menjunjung tinggi sportivitas dan nilai-nilai Islam dalam mempelajari dan memahami sains.

Berikut merupakan santri Pondok Pesantren Modern Al Ihsan yang meraih penghargaan di ajang tersebut :

1. Peringkat PERTAMA mata pelajaran FISIKA : Nyimas Ratnita Rohani santriwati kelas 5 KMI
2. Peringkat PERTAMA mata pelajaran IPS : Muhammad Ahsan Fadhlan santri kelas 2 KMI
3. Peringkat KEDUA mata pelajaran BIOLOGI : Diana Zanuba Zahra SN santriwati kelas 5 KMI